Jumat, 09 Juni 2023

Bunda Sayang : Zona 3 Day 10

 Jurnal Hari Ke 10
Jumat, 9 Juni 2023
Oleh Nur Khayati IP Semarang



Zona 3 Tema : Tahap Perkembangan Anak


Aktivitas yang dijalankan pada hari ke dua :

Kegiatan : 

  • Stick shapes matching

Nama : Yashfi

Usia : 3 tahun


Alhamdulillah, kegiatan hari ini sesuai rencana yaitu stick shapes matching atau mencocokkan bentuk dasar stik es krim dengan gambar yang sama. 


Aspek yang ingin dicapai dari kegiatan stimulasi hari ini yaitu

  • Menstimulasi motorik halus anak

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak

  • Melatih ketepatan anak

  • Melatih koordinasi mata dan tangan anak

  • Menstimulasi kognitif anak : memberikan pemahaman warna pada anak, memberikan pemahaman bentuk pada anak dan memberikan pemahaman tentang pola kepada anak

  • Melatih kemampuan visual anak dengan kegiatan mencocokkan pola yang sama

  • Membangun kedekatan antara orang tua dan anak


Alat dan bahan yang disiapkan yaitu :

  • 12 stik es krim

  • kertas origami warna warni

  • spidol warna warni

  • kertas HVS

  • Gunting

  • Lem/double tape


Cara memberikan stimulasi yaitu

  1. Buat dan guntinglah beberapa bentuk pada masing-masing kertas origami berwarna. Misalnya warna kuning untuk lingkaran, warna hijau untuk segitiga, warna kuning untuk persegi dan warna merah untuk persegi panjang

  2. Pada stik es krim tempelkan masing-masing tiga bentuk pola yang berbeda

  3. Untuk membuat worksheet, gambarkan kedua belas stik es krim berpola tersebut di atas kertas HVS menggunakan spidol berwarna

  4. siapkan  kedua belas stik es krim dan worksheet diatas meja

  5. Mengajak anak mengucapkan basmalah sebelum memulai kegiatan

  6. Berikan contoh pada anak cara bermain atau jelaskan bagaimana cara mencocokkan pola yang sama

  7. Ajaklah anak untuk mencocokkan stik es krim berpola dengan pola yang tergambar pada worksheet

  8. Ajaklah anak untuk menyebut nama bentuk dari pola dan warnanya

  9. Berikan apresiasi pada anak jika berhasil melakukan kegiatan tersebut

  10. Mengajak anak untuk mengucapkan hamdalah setelah selesai kegiatan

  11. Mengajak anak untuk merapikan dan mengembalikan mainan pada tempatnya


Hasil Observasi :

Alhamdulillah, hari ini kegiatan stimulasi terlaksana sesuai rencana. Namun, ada hal diluar ekspektasi dan kendali saya. Awalnya saya rencanakan untuk membuat persiapan mainan ini ketika malam dini hari. Qadarullah, saya baru bangu jam setengah 4 pagi. Mau saya kerjakan jam segitu, dalam hitungan saya tidak akan kecandak. Khawatir masak pagi terlambat dan justru Mas jadi kesiangan sekolah. Akhirnya baru saya kerjakan setelah antar Mas sekolah. Dan benar saja untuk membuatnya butuh waktu hampir 45 menit. Hampir saja mood adik berubah. Berulang kali dia bilang ke saya "Umi, adik ngantuk". Entah berapa kali diucapkan sembari menunggu saya selesai membuatnya. kenapa tidak melibatkan adik dalam prosesnya?sudah, tapi dalam pembuatannya tidak semua hal bisa melibatkan adik karena ada beberapa hal yang belum bisa ia kerjakan tanpa bantuannya. Ah, baiklah..disini justru kesabaran saya yang diuji. Tarik nafas..hembuskan..berulang kali demi saya bisa berdamai dengan kondisi.

saya mengamati sudah banyak aspek dari adik yang sudah berkembang akan tetapi ada beberapa aspek yang perlu distimulasi kembali.

Pertama, aspek motorik halus, koordinasi mata dan tangan, fokus dan konsentrasi si adik sudah berkembang sangat bagus. Adik mampu memindahkan stik es krim dengan rentang fokus yang cukup lama hingga semua bisa diselesaikan.

Kedua, aspek visual dalam mencocokan pola gambar sudah mulai berkembang hanya saja butuh stimulasi dan latihan lagi. InsyaAllah, ini menjadi bahan lesson plan untuk kedepannya.

Ketiga, aspek kognitif untuk pemahaman warna, alhamdulillah adik sudah berkembang sangat baik. Tetapi untuk pemahaman nama bentuk seperti segitiga, segi empat dan persegi panjang masih sering terbalik dan harus dipancing sama saya agar adik lebih paham. Begitu pula untuk aspek pemahaman pola, masih butuh banyak stimulasi agar adik lebih terampil dalam memahami konsep pola. 

Dari beberapa aspek tersebut yang masih menjadi PR saya adalah bagaimana membuat formulasi atau ide stimulasi yang menarik agar memudahkan adik dalam memahami konsep bentuk dasar dan memahami konsep pola. Bismillah..semoga Allah berikan kemudahan..aamiin 🤲🏻❤️🤗


Dokumentasi :










#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike10

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tahap Kupu - Kupu : Pekan 2

 Tahap Kupu - Kupu : Pekan 2 Bismillahirrohmanirrohim... Nama : Nur Khayati Regu   : 10 Mikoriza Regional : Semarang MasyaAllah..tak terasa ...