Jurnal Hari Ke 9
Kamis, 8 Juni 2023
Oleh Nur Khayati IP Semarang
Zona 3 Tema : Tahap Perkembangan Anak
Aktivitas yang dijalankan pada hari ke dua :
Kegiatan :
Membuat Es Pom Pom (memindahkan pom pom kedalam wadah tray es batu menggunakan pinset)
Nama : Yashfi
Usia : 3 tahun
Alhamdulillah, kegiatan hari ini sesuai rencana yaitu membuat es pom pom. Sebetulnya inti dari kegiatan stimulasi ini adalah memindahkan pom pom kedalam wadah tray es batu menggunakan pinset. Lagi-lagi, ini adalah modifikasi dari kegiatan dry pouring hanya saja media dan alat yang digunakan sedikit berbeda.
Aspek yang ingin dicapai dari kegiatan stimulasi hari ini yaitu
Melatih keterampilan hidup atau life skill pada anak melalui kegiatan menjepit benda atau sesuatu dengan tangannya
Menstimulasi motorik halus anak
Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak
Melatih koordinasi mata dan tangan anak
Melatih kekuatan otot jari tangan
Melatih kegiatan pra menulis anak melalui pemindahan pom pom dari arah kiri dan kanan dan menguatkan jarinya saat memegang penjepit
Aspek kognitif melalui aktivitas menyebutkan warna pom pom
Membangun kedekatan antara orang tua dan anak
Alat dan Bahan yang disiapkan yaitu
pom pom warna warni dalam jumlah yang banyak
penjepit atau pinset
tray atau cetakan es batu
Cara memberikan stimulasi yaitu
siapkan pom pom, tray es batu dan pin set diatas meja
Mengajak anak mengucapkan basmalah sebelum memulai kegiatan
Berikan contoh pada anak bagaimana cara memindahkan pom pom dengan pinset dan jelaskan arah memindahkan dari kiri ke kanan (seperti arah saat menulis)
Mintalah anak untuk mencoba melakukan yang sudah kita contohkan
Saat anak memindahkan pom pom, ajak anak sembari menyebutkan warna pom pom tersebut
Berikan apresiasi pada anak saat berhasil melakukan kegiatan tersebut
Jika sudah selesai ajak anak mengucapkan hamdalah dan mengajaknya untuk merapikan mainan dan mengembalikannya pada tempatnya
Hasil Observasi :
Alhamdulillah, hari ini adik sangat antusias. Sebetulnya kegiatan ini merupakan salah satu modifikasi dari kegiatan dry pouring atau menuang/menyendok benda kering. Hanya saja kali ini menggunakan media dan alat yang berbeda yaitu pom pom dan pinset akan tetapi secara prinsip dan tujuan kegiatan stimulasi hampir sama.
saya mengamati sudah banyak aspek dari adik yang sudah berkembang akan tetapi ada beberapa aspek yang perlu distimulasi kembali.
Pertama, aspek life skill atau keterampilan. Jika dulu saat umurnya masih 2.5 tahun, adik ketika menggunakan pinset masih dengan kesulitan dan menggenggam. Alhamdulillah, kali ini sudah sangat jauh lebih berkembang. Hampir tidak ada pom pom yang jatuh saat dia menjepit dan meletakkan pom pom ke dalam tray es batu. Dan dengan jumlah lubang tray es yang banyak, sekitar lebih dari 50 lubang, adik mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan saya. Hanya di akhir saja, ketika kurang beberapa lubang ia meminta saya untuk bergantian melakukan kegiatan tersebut. Good job adik..masyaAllah ❤️
Kedua, aspek motorik halus, konsentrasi dan kesabaran adik. Masya Allah..sangat membuat saya terharu. Pom pom dengan rapi tersusun dengan satu kali jepitan setiap mengambil sudah berhasil dan tanpa jatuh. Rentang konsentrasi dan kesabaran si adik juga sangat baik. Ia mampu menyelesaikan kegiatan ini sampai selesai. MasyaAllah 😍
Ketiga, aspek kognitif. Alhamdulillah..sangat bagus. Adik sudah mengenal, memahami dan menyebutkan berbagai macam warna baik warna primer maupun warna sekunder.
MasyaAllah..kegiatan ini sepertinya hanya butuh pengulangan untuk mengganti objek benda menjadi lebih kecil agar adik semakin terampil dalam menjepit benda.
Dokumentasi :
#tantanganzona3
#tahapperkembangananak
#harike9
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar