Senin, 12 Juni 2023

Bunda Sayang : Zona 3 Day 13

 Jurnal Hari Ke 13
Senin, 12 Juni 2023
Oleh Nur Khayati IP Semarang




Zona 3 Tema : Tahap Perkembangan Anak


Aktivitas yang dijalankan pada hari ke dua :

Kegiatan : 

  • Robot Angka

Nama : Yashfi

Usia : 3 tahun


Alhamdulillah, kegiatan stimulasi hari ini sesuai dengan yang direncanakan yaitu bermain dengan robot angka. Meskipun persiapannya sangat membutuh effort yang luar biasa tetapi menjadi bahagia karena adik sangat antusias saat bermain. MasyaAllah..Barakallahu fiik ❤️🤗


Aspek yang ingin dicapai dari kegiatan stimulasi hari ini yaitu

  • Menstimulasi aspek kognitif anak yaitu mengenalkan anak tentang simbol angka 0 sampai angka 10

  • Menstimulasi motorik halus

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak

  • Melatih ketepatan dan ketelitian anak

  • Membangun kedekatan antara orang tua dan anak


Alat dan Bahan yang disiapkan yaitu

  • kotak kemasan bekas

  • mainan berbentuk angka

  • kertas HVS 

  • 2 buah tutup botol

  • spidol

  • pisau atau cutter

  • lem tembak

  • gunting

  • lem kertas

  • kertas sampul coklat


Cara memberikan stimulasi yaitu

  1. Lapisi kotak kemasan dengan kertas sampul berwarna coklat (gunakan lem kertas agar kertas sampul merekat kuat pada kotak)

  2. Tempelkan kedua buah tutup botol pada kotak tersebut

  3. Lapisi tutup botol dengan kertas HVS lalu gambarkan pola mata robot menggunakan spidol

  4. Kemudian buat dan lubangi pola persegi kecil pada bagian tengah kotak menggunakan pisau atau cutter.

  5. Buatlah lubang pada masing-masing sisi pola persegi kecil dengan cutter. Fungsinya sebagai tempat meletakkan kertas angka

  6. Buatlah lubang dengan ukuran yang lebih besar sebagai tempat menyimpan angka atau sebagai mulut robot

  7. Buatlah kertas memanjang memakai kertas HVS lalu gunting dan tuliskan dengan berjarak angka 0 sampai angka 10

  8. Sematkan kertas tersebut pada pola yang telah disediakan dan rekatkan masing-masing ujung kertas membentuk lingkaran berangka

  9. Ajaklah anak mengucapkan basmalah sebelum memulai kegiatan

  10. Jelaskan cara bermain pada anak dengan menggeser kertas angka 

  11. Lalu ajaklah anak untuk memasukkan mainan angka ke dalam mulut robot yang sesuai dengan angka tertera pada kertas lingkaran berangka

  12. Ajaklah anak untuk menebak dan menyebutkan angka tersebut

  13. Berikan apresiasi pada anak jika sudah berhasil melakukannya

  14. Ajaklah anak mengucapkan hamdalah jika sudah selesai bermain dan mengembalikan mainan pada tempatnya


Hasil Observasi :

Alhamdulillah, melihat respon adik ketika saya ajak bermain robot angka, dia amat berbinar lalu duduk manis di tempat biasa kita main yaitu pojok bermain rumah kami. 

Sebetulnya mainan ini mengambil porsi lebih banyak dalam menstimulasi kognitif anak yaitu mengenal dan memahami simbol angka 0 sampai 10. jika, saya amati dalam aspek ini adik sudah mulai berkembang. Adik sudah lumayan lancar mengenal angka 0-5 hanya saja untuk angka 6-10 adik masih suka terbaik antara angka 6 dan 9. Ah, tak apa..semuanya butuh proses yah dek..InsyaAllah ini juga menjadi PR untuk umi membuat mainan yang lebih kreatif lagi untuk mengenalkan simbol angka.

Sedangkan aspek motorik halus yaitu melalui menggeser kertas angka, adik masih agak kesulitan sehingga masih butuh bantuan saya. Mungkin karena memang agak sulit digeser kertasnya..hehe 😬

Sedangkan aspek fokus, konsentrasi dan ketepatan sudah berkembang sangat baik. Adik mampu fokus, konsentrasi dan mencari angka yang sama dan mencocokkannya dengan kertas angka yang muncul. MasyaAllah 😍😍


Dokumentasi :













#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike13

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tahap Kupu - Kupu : Pekan 2

 Tahap Kupu - Kupu : Pekan 2 Bismillahirrohmanirrohim... Nama : Nur Khayati Regu   : 10 Mikoriza Regional : Semarang MasyaAllah..tak terasa ...