Jurnal Hari Ke 5
Ahad, 4 Juni 2023
Oleh Nur Khayati IP Semarang
Zona 3 Tema : Tahap Perkembangan Anak
Aktivitas yang dijalankan pada hari ke dua :
Kegiatan : Membuat Kolase Balon Udara
Nama : Yashfi
Usia : 3 tahun
Alhamdulillah, kegiatan hari ini sesuai yang direncanakan yaitu membuat kolase balon udara. Rencana kegiatan ini sebetulnya justru muncul dari si adik sendiri. Beberapa hari yang lalu saat itu adik sedang melihat-lihat gambar dari buku milik saya. Lalu tetiba muncullah diskusi bersama si adik
Adik : "Umi, ini apa?"
Saya : "Ini namanya balon udara adik. Jadi, balonnya ini besar, bisa dinaiki orang dan bisa terbang ke atas"
Adik : "Wah..bagus ya umi. Umi adik mau buat ini yuk umi?boleh?"
Saya : "Oo..adik mau bikin mainan ini?beneran?"
Adik : "Iyah..ayo umi. kita buat mainan balon udara"
Saya : "Oke..InsyaAllah nanti kita buat yah. Tetapi umi siapkan dulu gambar dan juga bahan-bahan lainnya".
Lalu saya carikan gambar balon udara melalui laptop. Ia sudah antusias memilih gambar mana yang hendak di print. MasyaAllah…
Melalui kegiatan stimulasi ini, ada beberapa aspek yang ingin dicapai yaitu
Menstimulasi motorik halus
Menstimulasi aspek seni dan imajinasi
Menstimulasi koordinasi mata dan tangan
Menstimulasi kekuatan otot tangan saat merobek kertas
Meningkatkan kognitif anak (mengenal warna-warna balon udara)
Meningkatkan bonding antara saya (ibu) dan anak (adik).
Alat dan Bahan yang disiapkan yaitu
Kertas crepe warna warni
kardus bekas
worksheet gambar balon udara atau bisa menggambar sendiri
lem
Cara memberikan stimulasi yaitu
Mengajak anak untuk menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
Mengajak anak untuk mengucapkan basmalah sebelum memulai kegiatan
Memberikan contoh ke anak untuk menyobek kertas crepe lalu menggulung kertas crepe tersebut membentuk lingkaran
Mengajak anak untuk mencoba sendiri melakukan kegiatan yang sudah kita contohkan (merobek kertas crepe dan membentuknya menjadi bulatan padat)
Ulangi kegiatan tersebut bersama anak. Usahakan kita juga turut serta membuatnya agar anak termotivasi ikut melakukan dari yang kita contohkan. Usahakan jangan banyak memberikan intervensi, biarkan anak membuatnya sendiri tanpa bantuan kita
Mengajak anak untuk menyiapkan gambar balon udara lalu menempelkan gambar tersebut pada kardus bekas agar lebih kuat ketika nanti ditempeli dengan bulatan kertas crepe
Mengajak anak untuk memberi lem pada keseluruhan permukaan balon udara
Mengajak anak untuk menempelkan bulatan kertas crepe pada gambar balon udara yang sudah diberi lem
Biarkan anak melakukan sendiri dan berimajinasi sesuai keinginannya
Berikan apresiasi pada anak jika anak berhasil menyelesaikan kegiatan tersebut
Mengajak anak untuk mengucapkan hamdalah setelah selesai
Mengajak anak untuk merapikan peralatan dan mengembalikan pada tempatnya
Hasil Observasi :
Alhamdulillah, hari ini adik sangat kooperatif sekali. Sebelum memenuhi permintaan adik untuk main di playground, kita sempatkan untuk bisa main bersama di rumah. Memenuhi pula permintaan adik untuk membuat mainan balon udara.
Alhamdulillah, banyak aspek yang sudah berkembang dengan baik.
Pertama, Motorik halus dan kekuatan otot tangan sudah berkembang baik. Saya masih ingat ramadhan kemarin saya pernah memberikan stimulasi yang sejenis hanya beda kegiatan. Iya, saat itu saya ajak membuat kolase buaya. Saat itu adik masih belum bisa merobek sendiri kertas origami. Masih butuh bantuan dari saya. Alhamdulillah, hari ini ada sudah bisa merobek kertas crepe sendiri tanpa bantuan dari saya. Bisa jadi karena ketebalan kertas yang berbeda sehingga hari ini adik bisa merobek kertas crepe dengan lancar tanpa bantuan. Nah, karena itu adik masih perlu untuk saya berikan kegiatan stimulasi yang serupa. Sedangkan kekuatan otot tangannya, alhamdulillah juga sudah berkembanh dengan baik. Adik mampu menggulung kertas crepe sendiri membentuk bulatan. Meskipun bentuknya belum sempurna lingkaran padat tetapi menurut saya ini sudah baik sesuai dengan perkembangannya. Hanya perlu repetisi stimulasi kegiatan serupa.
Kedua, aspek kognitif, seni dan imajinasi juga sudah berkembang dengan baik. Alhamdulillah adik mampu menyusun bulatan kertas crepe tadi dengan baik, meratakan lem pada gambar balon udara serta mampu menyebutkan setiap warna yang ia pilih untuk ditempelkan pada gambar. MasyaAllah…
Ketiga, koordinasi mata dan tangan adik sudah berkembang dengan baik. Ia mampu meratakan lem tanpa bantuan saya dan menempelkan bulatan kertas crepe tanpa bantuan dari saya.
Dari keseluruhan, menurut saya sudah baik aspek perkembangannya. Hanya saja saya perlu menjadwalkan ulang untuk merepetisi kegiatan serupa dengan modifikasi jenis kegiatan agar adik tetap tertarik untuk mencobanya kembali.
Dokumentasi :
#tantanganzona3
#tahapperkembangananak
#harike5
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar